[Bilingual] How To Hard Cover A Books - A Tutorial By The Dumb (en) | Ini Hard Cover Bukan Hard Fork! (id) 😃😃

Oke! Itu sudah lebih keras dari garpu itu.

English Section

Intro : I Wanna Breath Good Books

Books are amongst precious things for me. It -in my opinion- might be the best invention mankind ever made. Oh yes! I love books very much. Heaven should be endless halls of library. I love books on philosophy, popular historical figures, basic sciences, computer and related things, history, literatures, inter-faith discussions, animals, photography. I also have my interests in comics and fictions, especially older ones.

Last week I made a good deal for some novels which were published in the 80s. The previous owner put the price for his 5 novels for IDR 100,000.- I paid him without any doubt. I was willing to pay twice as much. I guess it was one of my lucky days.

One of those novels, an Indonesian version of one of Enid Blyton's Famous Five novels.

All the 5 books were generally in good shapes. They only "suffered" some minor damages. Considering their ages, the damages were nothing. But I did feel the need to give them some "treatments" to make them "stronger in facing the future". I was going to fix the binding, fix the ripped pages, give them hard covers, and plastic-wrapped them. All the little things I could think of.

Fixing A Not-So-Broken-Book

Problem 1 : Binding.
Problem 2 : Ripped pages.

So here were the steps I took.

a. Restoring The Ripped Pages

This was easy. I only needed some transparent cellophane tapes. I just had to be careful in doing it.

It's easy.

Now, the next problem.

b. Hard Covering, Fixing the Binding, Plastic Wrapping

These were the things I used for hard-covering the book : some papers and paper glue.

Wrapped the book content with the papers and strengthened the binding.

This was what I got so far.

The cover hardener papers needed to be adhered to each of them.

The next step was sticking the book cover to the cover hardener papers.

Okay! It was hard-covered already!

It was time to fix the edge and make the book looks neat.

And finally, plastic wrapped it.

And, yes! There were 4 more to go!

Thanks

Thanks for dropping by. Please kindly leave a comment, or maybe two. 😀

Bahasa Indonesia

Intro : Aku Begitu Suka Buku!

Bagi saya, buku adalah benda yang bernilai tinggi. Saya pikir, penemuan buku sehingga menjadi bentuk sebagaimana yang kita kenali sekarang, adalah salah satu pencapaian terbaik manusia. Oh ya! Saya sangat menyenangi buku-buku tertentu yang cocok dengan seleraku! Semoga di surga ada juga perpustakaan-perpustakaan dengan jumlah dan jenis buku tidak terbatas! 😀 Saya menyukai buku-buku bertema filosofi, tokoh-tokoh populer dalan sejarah, sains dasar, komputer dan hal-hal terkait, sejarah tertentu, sastera, diskusi antar-keyakinan (perbandingan agama), binatang, fotografi. Saya juga tertarik pada komik dan fiksi bertema tertentu, utamanya yang klasik.

Minggu lalu saya membeli beberapa novel lama, terbitan tahun 1980an. Pemilik sebelumnya mematok harga seratus ribu rupiah untuk kelima buku itu. Saya membayarnya tanpa ragu. Tadinya saya berencana menawar dengan harga dua kali harga itu, tapi mungkin itu adalah salah satu hari keberuntungan saya. 😀

Salah satu dari kelima novel tersebut adalah sebuah judul dari seri petualangan Lima Sekawan (aslinya Famous Five) yang merupakan terjemahan dari tulisan karya almarhum Enid Blyton.

Umumnya, kelima buku itu berkondisi masih lumayan bagus. Hanya sedikit rusak saja, dan itu bisa dipahami mengingat usianya yang sudah sekitar 30 tahun. Tetapu saya tetap merasa perlu memperbaiki buku-buku tersebut agar lebih tahan "menyambut masa depan". Saya akan memperbaiki jilidnya, memprbaiki halaman-halaman terkoyak yang masih bisa diperbaiki, memperkeras sampul, dan membalutnya dengan plastik. Hal-hal sederhana yang terpikirkan oleh saya.

Ayoh Memperbaiki Buku-buku Itu!

Masalah 1 : Penjilidan.
Masalah 2 : Halaman yang koyak.

Inilah langkah-langkah yang saya lakukan.

a. Memperbaiki Halaman Yang Koyak

Ini adalah mudah saja. Hanya perlu sedikit selotip transparan dan kehati-hatian.

Mudah saja.

Sekarang, mengeraskan sampul.

b. Mengeraskan Sampul, Memperbaiki Jilid, Membalut Dengan Plastik

Saya butuh beberapa lembar kertas dan perekat.

Isi buku saya balut dengan kertas pengeras sampul lalu jilidan saya kuatkan dengan klip (hekter).

Ini jadinya.

Kertas-kertas pengeras sampul saya lekatkan dengan lem kertas.

Selanjutnya, melekatkan sampul buku dengan kertas pengeras sampul.

Selesai sudah pengerasan sampul dan penguatan jilid.

Saatnya merapikan sisi-sisi buku.

Dan akhirnya, membalut buku dengan plastik.

Dan tentu saja, masih ada empat buku lagi. 😀 Asiik!

Terimakasih

Terimakasih telah mengunjungi. Semoga ini bisa berguna. Silahkan tinggalkan komentar.

Tulisan Terkait (Terbaru Paling Atas)

Tekan di sini untuk bergabung dengan server arTeem di Discord.

Inisiatif Arteem Discord
Steem Community Discord
The City of NeoXian
The Freedom Tribe Discord
Slot Kosong
Tpot Discord

Orang Indonesia

Tekan di sini untuk bergabung dengan server arTeem di Discord.

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
3 Comments
Ecency